Proses Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru

Prosedur pendaftaran calon mahasiswa baru sebagai berikut :

  1. Calon  pendaftar  melihat informasi  pendaftaran mahasiswa baru PPs melalui website http://pmb. unand.ac.id/ surat kabar lokal.
  2. Calon pendaftar membeli PIN pendaftaran di kantor cabang Bank Syariah mandiri untuk mendapatkan username dan password pengisian formulir pendaftaran ujian masuk Pascasarjana Universitas Andalas secara online melalui website http://umb.unand.ac.id.
  3. Calon pendaftar mengisi dan mengupload berkas pendaftaran sesuai  menu yang ada saat  menginput  data pada formulir pendaftaran online di http://umb.unand.ac.id dan mencetak kartu peserta ujian.
  4. Calon pendaftar  menyerahkan langsung/mengirim berkas pendaftaran kepada sekretariat penerimaan mahasiswa baru Program Pascasarjana Universita Andalas. Berkas yang diserahkan adalah sebagai berikut :
    1. Kartu peserta ujian.
    2. Fotokopi  Ijazah  dan  transkrip  nilai  S1  yang   telah dilegalisir (rangkap 2) untuk calon pendaftar program S2 dan Ijazah S1 dan S2 untuk pendaftar program S3.
    3. Pas foto berwarna ukuran 4x6 dan 3x4 masing-masing 3 (tiga) buah.
    4. Surat keterangan kesehatan dari dokter.
    5. Rekomendasi kelayakan calon  pendaftar  dari 2 orang rekomendasi untuk program S2 dan 3 orang rekomendasi untuk program S3 dengan menggunakan formulir yang dapat diunduh melalui website http://pmb.unand.ac.id.
    6. Khusus untuk calon pendaftar program S3 menyerahkan kesediaan calon promotor.
    7. Rancangan proposal penelitian bagi pelamar program S3 (bagi pelamar by research harus menyerahkan proposal yang telah disetujui oleh salah seorang calon promotor).
    8. Foto copy artikel   yang diterbitkan di jurnal untuk pertimbangan (boleh tidak ada bagi pelamar program S2 dan program S3 yang bukan jalur by resarch).
  5. Petugas loket pendaftaran menerima berkas lamaran calon pendaftar mahasiswa baru dalam satu bundle (rangkap 2) dengan menyerahkan bukti tanda  terima  berkas kepada calon pendaftar.
  6. Petugas pendaftaran merekap berkas lamaran dan menye- rahkan satu rangkap bundle ke pimpinan Fakultas dengan surat pengantar dari Ketua Panitia Ujian Masuk Bersama (UMB) Pascasarjana Universitas Andalas, dan satu rangkap lainnya   di  jadikan  sebagai  arsip  di  bagian  akademik Program Pascasarjana Unand.
  7. Panitia  UMB   Pascasarjana  mengumumkan  jadwal  dan lokasi tes tertulis sedangkan jadwal tes kompentensi umum dan khusus disanpaikan oleh Fakultas pada website http://pmb. unand.ac.id.
  8. Calon mendaftar mengikuti tes tertulis meliputi test TPA dan test  Toefl dan  dilanjutkan  dengan  tes  kompentensi umum dan khusus oleh Fakultas (sesuai jadwal yang telah diumumkan).
  9. Panitia UMB menyerahkan hasil tes TPA dan Toefl calon mahasiswa ke masing-masing Fakultas untuk diakumu-  lasikan dengan nilai tes kopetensi umum dari fakultas.
  10. Fakultas menyerahkan nilai akhir seleksi ke panita UMB dengan surat pengatar yang ditujukan kepada ketua panitian UMB.
  11. Panitia UMB memproses dan menetapkan hasil seleksi untuk diverifikasi dan diumumkan dalam bentuk Surat  Keputusan  Rektor  melalui  website:  www.unand.ac.id.

Read 469 times Last modified on Jumat, 03 Februari 2017 12:04