Rektor Unand Wisuda 280 Wisudawan Program Pascasarjana

24 Agustus 2018

Padang (Unand) - Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA mewisuda sebanyak 280 wisudawan wisudawati Program Pascasarjana yang terdiri dari Program Profesi, Spesialis, Magister dan Doktor pada Jumat (24/8) di Gedung Auditorium Kampus Unand Limau Manis Padang.

Rektor mengucapkan selamat kepada para wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan pendidikannya di Universitas Andalas dan berhak menyandang gelar Profesi, Spesialis, Master, dan  Doktor sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Dikatakannya Universitas Andalas bukanlah satu-satunya pihak yang memberi warna dalam diri dan karakter para lulusan. 

“Secara umum, perguruan tinggi hanya berkontribusi untuk memberi bekal kepada para peserta didiknya, melalui peningkatan kemampuan intelektual serta penguatan karakter ilmiah, yang bermuara pada akhlak yang mulia,” sambungya.

Untuk itu, ia meminta kepada para lulusan agar terus  menuntut ilmu tanpa henti, teruslah belajar dan lanjutkan pendidikan ke level yang lebih tinggi, bagi yang sudah doctor (S3) janganlah berhenti disini teruslah melakukan riset atau penelitian karena riset pada umumnya menghasilkan innovasi dan inovasi sangat berguna sekali dalam pembangunan dan daya saing bangsa.

“Temuan yang baru yang inovatif merupakan kunci dari perkembangan suatu bangsa untuk memenangkan persaingan, inovasilah kuncinya,” ungkapnya.

Disampaikannya kekayaan sumberdaya alam dan kesuburan tanah negara kita tidaklah banyak membantu jika tidak dibarengi dengan karya-karya inovatif.

“Satu-satunya kegagalan  adalah  jika  telah merasa  sempurna  dan  memutuskan untuk berhenti belajar dari kehidupan,” ujarnya.

Disamping itu, ia juga menyampaikan peringkat Universitas Andalas setelah Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia mengumumkan klasterisasi perguruan tinggi Indonesia tahun 2018 yang bertepatan dengan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-73  bahwa Universitas Andalas saat ini berada pada peringkat 10 Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia dan berada berada pada kluster pertama.

“Ini merupakan satu-satunya universitas yang berada pulau Sumatera pada kluster pertama dan dua Universitas diluar pulau Jawa satu lagi yaitu Universitas Hasanuddin Makassar Sulawesi Selatan,” terangnya.

Dikatakannya pencapaian terbaik ini tak terlepas dari kerja sama semua pihak termasuk alumni Universitas Andalas. 

Dia berharap ke depan pencapaian ini semakin meningkatkan motivasi semua elemen menjadi lebih baik lagi. 

“Salah satunya yang terpenting adalah bagaimana mendorong Program Studi (prodi) sudah berakreditasi A bisa mempersiapkan diri meraih akreditasi internasional,” tambahnya.

Disebutkannya pencapaian ini juga akan menjadi tantangan bagi kita agar lebih baik lagi, dimana perguruan tinggi lainnya juga akan berusaha untuk memperoleh peringkat terbaik. 

Humas dan Protokol Unand

Sumber : http://unand.ac.id/id/berita-peristiwa/berita/item/2718-rektor-wisuda-unand.html

Read 329 times