Peringatan HUT RI 74, Rektor : HUT RI 74 Harus Dimaknai Sebagai Momen Pemersatu Bangsa

20 Agustus 2019

Padang (Unand) – Universitas Andalas melaksanakan upacara bendera dalam memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 pada yang berlangsung di lapangan Rektorat Kampus Unand Limau Manis Padang pada Sabtu (17/8).

Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA selaku pembinan upacara menyampaikan sambutan dari Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Menristekdikti RI) Prof. Mohamad Nasir, Ph. D.

Disampaikannya hari ini, 74 tahun sudah bangsa ini merdeka. Peringatan HUT Ke-74 RI Tahun 2019 saat ini tidak hanya dimaknai sebagai lepasnya bangsa Indonesia dari belenggu penjajahan. Merdeka yang kita rebut 74 tahun lalu bukan pula bermakna akhir dari perjuangan.  

“Namun lebih dari itu, HUT ke-74 RI Tahun 2019 harus dimaknai sebagai momen pemersatu bangsa, dan kita memiliki kewajiban untuk mempertahankan serta mengembangkan hasil kemerdekaan tersebut. Kemerdekaan harusnya membuat kita berbuat lebih untuk bangsa dan negara Indonesia,” ujarnya. 

Diungkapkannya Tema peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia tahun 2019 ini adalah "SDM Unggul, Indonesia Maju". 

Tema ini mengandung makna bahwa pembangunan Sumber Daya Manusia yang unggul akan sangat mendukung kemajuan Indonesia. Artinya Pembangunan Sumber Daya Manusia menjadi kunci keberhasilan dan kesuksesan Indonesia di masa depan. 

“Sumber Daya Manusia Indonesia harus unggul dalam segala bidang sehingga dapat bersaing secara global, terlebih ketika memasuki era industri 4.0. Kita sadar bahwa kemajuan industri yang berjalan di Indonesia tidak cukup hanya dengan infrastruktur, akan tetapi harus didukung dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia, dan peningkatan kualitas SDM dapat ditempuh dengan perbaikan pendidikan untuk menjalankan kemajuan teknologi seiring kemajuan industri 4.0,” ungkapnya.  

Lebih lanjut, ia menyampaikan dalam menciptakan SDM yang unggul Perguruan Tinggi harus tampil sebagai garda terdepan dalam mencetak SDM yang unggul dan kompetitif di masa datang.  Selengkapnya .....

 

Read 81 times