Seminar Hasil PKPI Bagi Penerima Beasiswa PMDSU Tahun anggaran 2016 di Universitas Andalas

15 Mei 2017

Pada Hari Jumat (12 Mei 2017) telah diselenggarakan Seminar Hasil Peningkatan Kualitas Publikasi Internasional (PKPI) bagi penerima beasiswa Program Magister Menuju Doktor Sarjana Unggul (PMDSU) Batch 1 di Gedung PascasarjanaLt 3. Program PKPI ini diselenggarakan oleh Pemerintah Indonesia melalui Dirjen Dikti dengan tujuan mengoptimalkan pencapaian sasaran untuk mengembangkan sumberdaya manusia Indonesia yang leih berkualitas serta memiliki kemampuan bersaing yang lebih tinggi di pasar internasional. Selain Dosen yang telah memiliki Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN), beasiswa PKPI juga diberikan kepada penerima beasiswa PMDSU. 

Jumlah peserta dalam seminar hasil PKPI PMDSU di Universitas Andalas sebanyak enam peserta. Lima mahasiswa dari Universitas Andalas dan satu Mahasiswa dari Universitas Indonesia. Kelima mahasiswa tersebut meliputi Siti Nur Aisyah (University of Kassel, Germany), Elly Syafriani (Christian-Albrechts- Universität zu Kiel, Germany), Abdul Mutolib (University of Brighton, United Kingdom), Heni Suryani (University of Clemson, USA), dan Fani R. Ramadhan (University of Manitoba, Kanada), serta peserta dari UI, James Julian (National Taiwan University of Science and Technology, Taiwan). 

Seminar hasil PKPI bagi penerima Beasiswa PMDSU Batch 1 Universitas Andalas dihadiri Perwakilan Dikti yang menjadi penilai, Promotor PMDSU Batch 1 dari Unand, dan mahasiswa PMDSU Batch 1 dan 2. Seminar berfokus pada pelaporan kegiatan selama diluar negeri dan capaian yang telah dicapai terkait penulisan disertasi, artikel untuk publikasi internasional, dan peluang kolaborasi riset mahasiswa dengan supervisor di luar negeri dimasa yang akan datang. 

Dibagian akhir seminar disebutkan bahwa, kegiatan PKPI yang diselenggaran Kemristek Dikti memiliki banyak sekali manfaat bagi peserta. Selain meningkatkan kualitas publikasi untuk jurnal internasional, Program PKPI juga membuka peluang bagi mahasiswa untuk melakukan penelitian dan kolaborasi riset dengan peneliti diluar negeri yang didukung dengan fasilitas laboratorium yang memadai. Fasilitas penelitian sangat erat kaitannya dengan kualitas penelitian yang dihasilkan. Selain keduan hal tersebut, program PKPI mampu menambah pengetahuan, wawasan, serta pengalaman mahasiswa terkait pendidikan di universitas luar negeri. Secara umum, kegiatan PKPI memiliki manfaat yang sangat besar bagi peningkatan kualitas penelitan dan mempercepat penyelesaian studi mahasiswa Doktor.

Read 173 times