Pascasarjana Universitas Andalas - Items filtered by date: Maret 2017
30 Maret 2017 In Berita & Peristiwa

Berdasarkan hasil validasi Pascasarjana untuk data mahasiswa Program Doktor (S3) angkatan 2013 yang telah lulus seminar/ujian proposal penelitian disertasi dan masih aktif melakukan penelitian serta tetap mengunggah laporan kemajuan studi, yang direkomendasikan sebagai penerima bantuan perpanjangan studi Program Doktor (S3) angkatan 2013 semester ke-8 tahun 2017.

Pembiayaan bantuan perpanjangan studi (1 semester) sebagaimana dimaksud diatas dilaksanakan melalui Surat Perjanjian Pelaksanaan Pekerjaan (Kontrak) antara Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dengan Perguruan Tinggi penyelenggara.

Berikut daftar penerima bantuan perpanjangan studi Program Doktor (S3) angkatan 2013 semester ke-8 tahun 2017 dapat dilihat disini

 

24 Maret 2017 In Berita & Peristiwa

Dalam rangka menunjang Tridharma Perguruan Tinggi, seorang dosen harus mampu menyebarluaskan hasil penelitiannya dalam bentuk karya tulis ilmiah. Selain untuk diterbitkan dalam jurnal-jurnal ilmiah nasional, karya tulis ilmiah seorang dosen diharapkan dapat diterbitkan dalam jurnal internasional bereputasi yang memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi. Lokakarya ini dilaksanakan dalam rangka membagi pengalaman dalam menghasilkan karya tulis ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal internasional bereputasi. Akan diundang dua orang nara sumber yaitu Dr. Zul Ilham yang berasal dari University Malaya, serta Dr. Arridina Susan Silitonga yang bertugas di Politeknik Negeri Medan. Lokakarya ini diharapkan menjadi ruang dalam rangka membagi pengalaman untuk menghasilkan karya tulis ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal internasional bereputasi.

Lokakarya meliputi setengah hari sesi berbagi pengalaman nara sumber, dan setengah hari selanjutnya sesi konsultasi bagi peserta lokakarya yang memiliki draft manuskrip yang ditargetkan untuk dapat diterbitkan di jurnal internasional bereputasi.

Peserta lokakarya maksimum 50 (lima puluh) orang, meliputi mahasiswa pascasarjana Universitas Andalas, khususnya untuk prodi eksakta. Selain itu, diharapkan juga dosen-dosen di prodi-prodi eksakta di Universitas Andalas diharapkan dapat juga terlibat, terutama terkait dengan sesi konsultasi draft manuskrip.

Informasi penting yang harus diketahui peserta lokakarya :

  1. Peserta terbatas 50 orang
  2. Kesempatan Konsultasi bagi 10 paper terpilih
  3. Batas akhir penyerahan paper 29 maret 2017
  4. Sertifikat sebagai peserta lokakarya

 

Untuk Pendaftaran silahkan klik link https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSfjJDBIWnn25eGXffqDdCqL0WByhKrkZm0Jbp_NuSWaxdwK4g/viewform?c=0&w=1 

Informasi lebih lanjut :

  • Cut Mutiani (085272835182)
  • Veronika     (085374335733)

 

21 Maret 2017 In Berita & Peristiwa

Pascasarjana Universitas Andalas Gelombang I tahun 2017 menerima mahasiswa baru yang mana terdiri dari 39 Program Studi Magister (S2) dan 10 Program studi Doktor (S3).

Jadwal pendaftaran :

Pembelian PIN dan Pendaftaran online tanggal : 6 Maret s/d 28 April 2017

Persyaratan Umum :

IPK Minimum 2,75 atau < 2,75 jika memiliki pengalaman kerja diatas 5 tahun untuk calon pendaftar S2 (Magister)

Persyaratan dan kelengkapan berkas yang diserahkan :

  1. Foto copy ijazah dan transkip nilai S1 (Ijazah Sarjana) yang dilegalisir untuk calon pendaftar S2 (Magister)
  2. Foto copy ijazah dan transkip nilai S1,S2 yang dilegalisir untuk calon pendaftar S3 (Doktor)
  3. Pas photo 4x6 sebanyak 3 lembar
  4. Surat keterangan sehat dari dokter
  5. Formulir pendaftaran, dapat didownload di berkas attachment dibawah postingan ini
  6. Rancangan penulisan ide penelitian untuk calon pendaftar S3 (minimal 1000 kata)
  7. Surat kesediaan dari calon promotor/ pembimbing untuk calon pendaftar S3 (Download pada berkas attachment postingan ini)
  8. Melampirkan bukti pendaftaran online calon pendaftar Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia Dalam Negeri (BUDI-DN)
  9. Surat rekomendasi akademis dari dua orang untuk calon pendaftar S2 dan tiga orang untuk calon pendaftar S3 yang relevan
  10. Melampirkan bukti pembelian PIN pendaftaran
  11. Khusus Program Studi Magister Kebidanan, pelamar yang diterima adalah tenaga dosen (PTN/PTS) dengan melampirkan juga persyaratan sebagai berikut :
    1. Surat Keterangan sebagai tenaga dosen dari instansi pelamar, dan
    2. Surat izin belajar dari atasan pelamar

     

Persyaratan dan kelengkapan berkas diupload pada saat pendaftaran online di umb.pasca.unand.ac.id dalam 1 folder berbentuk ZIP atau RAR kemudian berkas persyaratan tersebut dibawa pada saat ujian Wawancara/ ujian kompetensi dan juga disertakan dengan aslinya.

Untuk Program Studi yang tersedia pada Pascasarjana Universitas Andalas lihat disini

Prosedur Pendaftaran :

  1. Calon mahasiswa melakukan pembelian PIN Pendaftaran online melalu Bank Syariah Mandiri (BSM) untuk mendapatkan username dan password  dengan membayar uang pendaftaran sebesar Rp. 500.000
  2. Calon mahasiswa melakukan pendaftaran secara online melalu link portal : http://umb.pasca.unand.ac.id
  3. Berkas Pendaftaran diupload/unggah pada http://umb.pasca.unand.ac.id dan membawa berkas asli pendaftaran tersebut pada saat ujian wawancara
  4. Calon Mahasiswa Mendapatkan Kartu Peserta Ujian Tes TPA, TOEFL dan Wawancara
  5. Calon mahasiswa melaksanakan ujian seleksi masuk Pascasarjana Unand pada tanggal 6 Mei 2016.
  6. Calon Mahasiswa ikut seleksi Ujian Wawancara/Ujian Kompetensi pada tanggal 6-7 Mei 2017 di Fakultas dan Program Studi masing-masing, dengan membawa kelengkapan berkas pendaftaran dan sertakan dengan dokumen aslinya.
  7. Panitia mengumumkan hasil kelulusan ujian seleksi penerimaan mahasiswa baru Pascasarjana TA 2017 pada tanggal 19 Mei 2017
  8. Calon mahasiswa yang telah lulus ujian seleksi melakukan pendaftaran registrasi dan pembayaran uang SPP pada tanggal 22 Mei s.d 7 Juli 2017
  9. Awal perkuliahan pada tanggal 7 agustus 2017

   

Jadwal Ujian seleksi :

  1. Ujian TPA , TOEFL tanggal 6 Mei 2017
    1. Sesi 1 : jam 08.00-10.00 wib
    2. Sesi 2 : jam 10.30-12.30 wib
  2. Ujian Kompetensi/ Wawancara : 6 Mei - 7 Mei 2017
  3. Pengumuman Kelulusan : 19 Mei 2017
  4. Registrasi Ulang  : 22 Mei s/d 7 Juli 2017
  5. Awal Perkuliahan : 7 Agustus 2017

Kontak Person :

  1. Yelna Derjunita : 085274645435
  2. Ritta Yenni Arief : 08126628648

Berkas yang terkait Penerimaan Mahasiswa Baru :

  1. Banner Penerimaan Mahasiswa Baru
  2. Formulir Pendaftaran Mahasiswa Baru Pascasarjana Unand
  3. Formulir S3 By Research
  4. Formulir Permohonan Beasiswa BUDI-DN Pascasarjana Unand
  5. Formulir Rekomendasi Penerimaan Mahasiswa Baru S2 dan S3 Unand
  6. Formulir Kesediaan Calon Promotor S3
19 Maret 2017 In Berita & Peristiwa

Persoalan banjir dan longsor di pangkalan Kabupaten 50 Kota tidak terlepas dari permasalah pengelolaan sumberdaya alam selama ini. Pendekatan pengelolaan yang selama ini hanya sektoral ternyata belum mampu mengoptimalkan sumberdaya itu sendiri, hal ini terlihat dari kebijakan-kebijakan yang diciptakan oleh masing-masing sektor yang belum terdapat keterpaduan didalamnya. Berangkat dari permasalahan tersebut Program Studi Pasca Sarjana menggelar Kuliah Umum “Integrated Landscape Policy” dengan mengahadirkan narasumber Bapak Dr. Mubariq Ahmad seorang Guru Besar dari Universitas Indonesia pada Hari Juma’t tanggal 17 Maret 2017. Kegiatan dimulai pada pukul 14.10 Wib di Gedung Pasca Sarjana. Ini bukan kali pertama Bapak Mubariq begitu panggilan akrab beliau ke Universitas Andalas, sebelumnya beliau juga sudah pernah ke Unand untuk memberi kuliah umum untuk mahasiswa Magister Unand tahun lalu. Kuliah umum ini berlangsung tepat setelah selesainya diskusi publik dengan tema “Penyelamatan Masyarakat dan Daerah Tangkapan Air (DTA) Waduk Koto Panjang” yang juga diselenggarkan oleh Pasca Sarjana Unand. Dan diskusi publik tersebut merupakan cerminan bagaimana masing-masing sektor mengemukakan cara pandangnya terhadap permasalahan. Kuliah umum ini dihadiri oleh 20 orang lebih mahasiswa/i yang dengan latar belakang pendidikan Magister Program Studi Ilmu Lingkungan Unand dan Magister Program Studi Integrated Natural Resource Management (INRM/PTSDA) Unand. Anam (Mhs. INRM/2016) salah seorang peserta kuliah mengungkapkan bahwa materi kuliah umum yang dibawakan oleh Pak Mubariq menawarkan cara pandang baru dalam melihat pengelolaan air, bahwa ketika kita berbicara air itu bukan hanya persoalan hulu saja atau hilir saja, sebagimana yang diistilahkan oleh pak mubariq yaitu Landscape View, jadi kita melihat air itu dalam keseluruhan. Anam juga menambahkan, di program studi INRM juga memberikan pemahaman bahwa sumberdaya itu tidak hanya bernilai dilihat dari fisik saja, namun ada value yang tidak dapat dinilai dengan uang seperti jasa lingkungan dan sustainability. Beberapa poin penting dari kuliah umum ini ialah bahwa keberadaan dan ketersediaan air itu sangat penting karena tanpa ada air, tidak ada pertanian yang tentunya juga akan berkaibat tergagnggunya pangan, serta akan terjadi kelaparan. Untuk itu perlu menjaga hutan agar keberlanjutan air dan ketersediaan air itu terjamin. Mewujudkan Sustainable Forest Management diperlukan, 1) Tata Batas, 2) Tata Hak, 3) Tata SDA, 4) Tata Stakeholder. Sudah waktunya kita menciptakan solusi-solusi yang terpadu dalam pengelolaan sumberdaya alam. (Sefniwati/INRM 2015)