Pascasarjana Universitas Andalas - Items filtered by date: September 2017
19 September 2017 In Berita & Peristiwa

“Diskusi ini diangkat tidak untuk mengambil kesimpulan dan keputusan, diskusi ini diangkat untuk memperoleh informasi dari beberapa sisi,” tegas Pak Mahdi selaku moderator dalam diskusi akademik Pro-Kontra Pembangunan Pembangkit Listrik Geothermal di Gunung Talang (16/9/2017).

Pro dan kontra pembangunan pembangkit listrik yang memanfaatkan panas bumi atau yang lebih acap kali disebut dengan geothermal masih memanas. Menilik hal tersebut Program Studi Pengelolaan Terpadu Sumberdaya Alam (PTSDA/INRM) Pascasarjana Universitas Andalas menggelar diskusi akademik yang bertujuan agar terdapatnya kesepahaman bersama tentang pembangkit listrik bertenaga panas bumi ini yang akan dibangun di Gunung Talang, Kabupaten Solok. Diskusi akademik dibuka oleh Bapak Dr. Yossafra mewakili Direktur Pascasarjana Universitas Andalas. “Forum diskusi ini diharapkan agar pemangku kepentingan dapat menyampaikan informasi baik dari segi teknis, ekologi, sosial dan ekonomi terkait pembangunan Geothermal tersebut kepada semua pihak, sehingga meminimalisir misscomunication diantara kita semua,” jelas Pak Yos.

Diskusi ini dihadiri oleh 82 orang peserta yang terdiri dari tokoh masyarakat salingka Gunung Talang, mahasiswa, dosen, LSM, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sumbar, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Solok, Dinas Pertanian Kabupaten Solok, Asosiasi Daerah Penghasil Panas Bumi Indonesia (ADPPI) dan lain-lain. Diskusi akademik ini menghadirkan empat orang pembicara yang ahli di bidangnya yaitu, Bapak Ir.Herry Martinus, MM (Kepala Dinas ESDM Sumbar), Bapak Hasanudin (Ketua ADPPI), Bapak Zulwirman (Tokoh Masyarakat Salingka Gunung Talang) dan Ibu Uslaini (Walhi). Selain itu, juga hadir Bapak Dr. Ardinis Arbain dan Bapak Prof. Dr. H. Syafruddin karimi, SE, M.A sebagai pembahas utama serta Bapak Dr. Mahdi sebagai Moderator dalam diskusi akademik ini. Diskusi dimulai pukul 09.40 Wib dan selesai pukul 12.45 Wib.

Beberapa catatan yang diperoleh pada diskusi ini ialah bahwa, “Geothermal tidak seramah yang kita bayangkan, aktifitasnya tetap mengeluarkan C02 dan zat kimia berbahaya lainnya,” jelas pak Ardinis Arbain. Pak Syafruddin Karimi juga menambahkan bahwa, “Kekhawatiran masyarakat Gunung Talang itu rasional. Saya dari kacamata akademisi melihat apakah sudah pernah dilakukan penelitian awal sebelum dilakukan ekplorasi baik dari segi ekologis, ekonomi dan sosial? Jika sudah mohon dibagikan kepada kampus dan masyarakat luas. Lalu, sudahkah dibuat simulasi dan riset tentang recovery perekonomian masyarakat (livelihood) ?,” jelas Pak Syafruddin. Kemudian Pak Indang dan Pak Bujang menanyakan hal yang serupa, seandainya kegiatan ekplorasi dan pembangunan Geothermal ini berlanjut, siapa yang bertanggungjawab dan menjadi penjamin kepada masyarakat Gunung Talang?. Pernyataan tegas muncul dari tokoh masyarakat Gunung Talang dan LSM Walhi untuk menolak pembangunan Mega Proyek Geothermal di Gunung Talang. “Kami ko lah iduik sanang, anak lai basikola”, ujar pak Zulwirman. Pak Kadis ESDM Sumbar menjelaskan bahwa, “Geothermal ini adalah kebijakan nasional mulai dari penelitian awal hingga pelelangan dan eksplorasi itu kewenangan dari kementrian. Perkara ijin, semua sudah ada aturannya, ijin UKL/UPL untuk eksplorasi dan ijin Amdal untuk operasi produksi”, jelas Pak Herry.

Sefniwati

Link berita terkait : http://www.sumbartoday.com/tambang-geothermal-berbahaya-bagi-lingkungan-dan-masyarakat/

https://www.infosumbar.net/artikel/inrm-unand-ajak-diskusi-stakeholder-terkait-pro-dan-kontra-pembangunan-geothermal/

11 September 2017 In Berita & Peristiwa

Menindaklanjuti surat kami nomor 1185/D3/PG/2017, tanggal 27 juli 2017, perihal panggilan wawancara beasiswa peningkatan kualitas publikasi Internasional  (PKPI) / Sandwich Like - PMDSU tahun 2017, dengan hormat kami sampaikan daftar nama mahasiswa pada perguruan tinggi berdasarkan hasil wawancara sebagai  berikut :

Lampiran 1 : Daftar nama mahasiswa PMDSU batch II yang dinyatakan lulus seleksi Program PKPI /Sandwich Like –PMDSU  tahun 2017

Lampiran 2 : Daftar nama mahasiswa PMDSU batch II yang tidak lulus seleksi Program PKPI / Sandwich Like – PMDSU tahun 2017

Bagi Pelamar yang namanya masuk dalam Lampiran 1, diundang mengikuti tahap[an selanjutnya, yaitu lokakarya prakeberangkatan keluar negeri yang wajib diikuti oleh semua calon peserta Program PKPI –PMDSU (jadwal terlampir)

Bagi mahasiswa yang masuk pada Lampiran 1 untuk segera mengirimkan berkas persyaratan keberangkatan keluar negeri paling lambat 15 September 2017. Berkas Persyaratan keberangkatan terdiri dari :

  1. Surat izin melaksanakan kegiatan program PKPI /Sandwich Like luar negeri dari Direktur Program/Dekan Sekolah Pascasarjana (asli)
  2. Letter of Acceptance (LoA) terbaru yang berlaku diperguruan tinggi tujuan
  3. Daftar Riwayat Hidup (format terlampir, rangkap 4)
  4. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (rangkap 4)
  5. Pas Foto berwarna ukuran 4x6 dengan latar belakang putih (8 lembar)
    1. Untuk pria memakai dasi, terlihat telinga kiri dan kanan
    2. Untuk wanita berbusana resmi
    3. Foto tidak boleh dipindai (scan)
  6. Rencana keberangkatan (tanggal keberangkatan, mulai s.d selesai)
  7. Surat perjanjian (format terlampir)

Seluruh kelengkapan dokumen keberangkatan keluar negeri sebagaimana dimaksud diatas mohon segera dikirim atau paling lambat kami terima tanggal 15 September 2017 ke alamat :

Subdit Kualifikasi Pendidik

Direktorat Kualifikasi Sumber Daya Manusia

Ditjen Sumber Daya Iptek dan Dikti

Kompleks Kemendikbud Gedung D Lt.5

Jalan Jenderal Sudirman, Pintu Satu Senanyan

Jakarta 10270

Dokumen tambahan yang harus dilengkapi untuk pengurusan jaminan pembiayaan (Guarantee Letter) antara lain :

  1. Fotokopi LoA terbaru dari Perguruan Tinggi tujuan yang mencantumkan rencana biaya yang dibebankan oleh Kemenristekdikti
  2. Rencana keberangkatan dan kepulangan (format terlampir)
  3. Usulan pembiayaan Health insurance (jika ada)

untuk berkas pengumuman bisa diunduh disini

08 September 2017 In Berita & Peristiwa

Padang (Unand) - Ujian terbuka program doktor oleh Ir.Pandu Iman Sudibyo Adib,MS (0931201016) program studi Ilmu Pertanian Pemusatan Teknologi Industri Pertanian pada tanggal 6 Seprtember 2017 di Aula Gedung Program Pascasarjana Universitas Andalas.

06 September 2017 In Berita & Peristiwa

Pada Hari Jumat, tanggal 25 Agustus 2017 di Gedung Auditorium Kampus Unand Limau Manis Padang,  Universitas Andalas telah melaksanakan Wisuda III tahun 2017 dan telah meluluskan wisudawan wisudawati program Profesi, Spesialis, Magister dan Doktor sebanyak 615 lulusan.