Pascasarjana Universitas Andalas - Items filtered by date: Maret 2018
30 Maret 2018 In Berita & Peristiwa

Lokakarya Spatial Analysis dan Soil Mapping diselenggarakan oleh Prodi Pengelolaan Sumberdaya Alam (PTSDA/INRM) pada tanggal 27-29 Maret 2018 lalu. Kegiatan yang dihadiri oleh 30 orang peserta baik dari kalangan dosen juga dari kalangan mahasiswa serta dari swasta. Bidang ilmu peserta sangat beragam seperti peternakan, pertanian, geografi, lingkungan, Teknik Mesin, INRM dan sebagainya. Kegiatan ini juga mengungkapkan bahwa spatial analysis dapat diaplikasikan pada bidang apa saja. Pada kesempatan tersebut diundang Bapak Dr. Rudiyanto sebagai pemateri yang menyajikan Rstudio dan implementasi antara Rstudio dan QGIS. Beliau merupakan dosen di Institut Pertanian Bogor. Jurnal-jurnal beliau terkait keruangan telah publish di Jurnal Internasional seperti elseiver.

Khusus untuk pengelolaan sumberdaya alam, spatial analysis membantu dalam hal pengemabilan keputusan. Dengan mengaplikasikan keruangan dalam peta menggunakan program Arcview atau ArcGIS, maka seperti tutupan lahan dapat tersajikan dengan jelas dan menyeluruh serta lengkap dengan data-data seperti luas dan sebaginya. Umumnya peserta mengaku bahwa “ini kali pertama kami menggunakan Rstudio, karena biasanya yang kami pakai ialah ArcGIS,”tutur yasir.

“Lokakarya Rstudio ini kali pertama dilakukan di Universitas Andalas bahkan di Sumatra Barat,”jelas Ibu Dian selaku ketua pelaksana dan dosen pengampu mata kuliah spatial analysis pada
prodi INRM. Beliau juga menambahkan bahwa lokakarya ini tidak hanya materi juga praktek langsung, untuk peserta diharapkan dapat menggunakan program Rstudio

 

Sefniwati/INRM

26 Maret 2018 In Berita & Peristiwa

Padang (Unand) – Sekitar 700 Tenaga Kependidikan Fakultas di Universitas Andalas diberi motivasi langsung oleh motivator nasional dan pakar komunikasi Dr.Aqua Dwipayana dengan tujuan meningkatkan kualitas kinerja sesuai dengan visi-misi Universitas Andalas dalam Talkshow “The Power of Silaturrahim dengan tema Komunikasi Badunsanak dalam Rangka Mewujudkan Kerja Berintegritas dan Bertanggung Jawab Session II” pada Senin (26/3) di Convention Hall Kampus Universitas Andalas Limau Manis Padang.  

Rektor Universitas Andalas, Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA mengucapkan  terima kasih kepada Dr. Aqua Dwipayana yang telah memenuhi undangannya menjadi narasumber kedua kali khususnya di bulan Maret dalam rangka memotivasi tenaga kependidikan fakultas di lingkungan Universitas Andalas.  Selain dosen dan prestasi  mahasiswa, tenaga kependidikan memiliki peran yang sangat penting dalam mewujudkan visi-misi Universitas Andalas

“Dengan mengundang Aqua, Unand bisa menjadi universitas terkemuka dan bermartabat, menjadi univeristas terkemuka yang tidak terlepas dari prestasi dosen dan mahasiswa serta kerjasama tenaga kependididikan sebagai pengelola kampus. Sementara, bermartabat dekat kepada nilai-nilai agama,” jelasnya.

Sementara itu, Dr. Aqua Dwipayana mengatakan bahwa menjadi suatu kehormatan baginya diundang Rektor Universitas Andalas dalam rangka memotivasi tenaga kependidikan. Readmore

19 Maret 2018 In Berita & Peristiwa

Sehubungan dengan Rapat Kerja Tahunan Forum Pimpinan Pascasarjana (FORPIMPAS) BKS-PTN Wilayah Barat, maka akan diadakan kegiatan Seminar Nasional (Leaflet terlampir), berkenaan dengandengan hal itu maka kami mengundang para Pimpinan Program Pascasarjana / Sekolah Pascasarjana, Staf Pengajar dan Mahasiswa Program Pascasarjana/Sekolah Pascasarjanauntuk dapat menghadiri kegiatan tersebut dan membuat makalah untuk diseminarkan, yang akan diadakan pada : 

 Hari, tanggal  : Rabu-Sabtu, 25-26 April 2018
 Waktu  :  08.00-17.00 WIB
 Agenda Acara  : 1. Makan Malam dan Pembukaan 25 April 2018, jam 20.00-selesai 
    2. Seminar Nasional, 26 April 2018, jam 08.00-17.00 WIB 
    3. Raker Forpimpas, 26 April 2018, jam 20.00 -Selesai
    4. City Tour, 27 April 2018, jam 08.00-selesai  
     

 

1. Undangan Semirata Forpimpas

2. Lampiran undangan Forpimpas 

3. Undangan ke staf PPS-sps se Indonesia

4. Lampiran

5. Leaflet Semirata

6. lAMP 1 KE STAF PPS

14 Maret 2018 In Berita & Peristiwa

Aktivitas manusia secara langsung maupun tak langsung memberikan dampak pada lingkungan hidup berupa dampak positif dan negatif. Terkait dengan dampak negatif yang dapat terjadi, perlu dilakukan upaya-upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup agar aktivitas manusia tersebut dapat terlaksana secara berkelanjutan.
Upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dapat dilakukan oleh seluruh pemangku kepentingan (stakeholders), termasuk unsur perguruan tinggi. Perguruan tinggi bukan hanya berperan sebagai penghasil sumberdaya manusia, namun diharapkan juga menghasilkan produk-produk yang dapat secara langsung mendukung upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.
Surfactan and Bioenergy Research Center (SBRC) Institut Pertanian Bogor merupakan salah satu pusat penelitian di IPB yang diakui Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) sebagai Pusat Unggulan Iptek (PUI) yang berkontribusi dalam pembangunan berkelanjutan.
Kuliah umum Program Studi Magister Lingkungan Hidup Program Pascasarjana Universitas Andalas ini dilaksanakan dengan mengundang Prof. Dr. Erliza Hambali sebagai Direktur SBRC IPB untuk memberikan kesempatan berbagi pengalaman terkait peran SBRC IPB dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Selain itu, diharapkan agar akademisi di Universitas Andalas dapat memperoleh informasi tentang kiat-kiat dalam mengelola pusat penelitian agar dapat diakui oleh Kemristekditi sebagai PUI.

Program Studi Magister Ilmu Lingkungan Program Pascasarjana Universitas Andalas akan mengadakan Kuliah Umum dengan tema "

Peran Pusat Unggulan Iptek dalam Upaya Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup" dengan Pembicara Prof.Dr. Erliza Hambali (Direktur SBRC) yang akan dilaksanakan pada :

Hari  : Jum'at, 16 Maret 2018
Pukul  : 08.00 s/d 12.00 WIB
Tempat  : Aula Lantai III Gedung Program Pascasarjana Universitas Andalas

 

Untuk menginformasikan kehadiran dapat disampaikan selambat-lambatnya pada hari kamis, 15 Maret 2018 pukul 12.00 WIB  kepada saudari Eka Nurmala HP/WA (082284636396)