Kurikulum Studi Pembangunan

A. PROFIL KOMPETENSI LULUSAN

Dengan mengacu kepada konsepsi KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) yang tertuang dalam Peraturan Presiden No.8 Tahun 2012, secara mengacu pada pokok-pokok ketrampilan umum Program Doktor,maka Kompetensi Utama lulusan program Doktor Studi Pembangunan yang bersifat Akademik (bukan Terapan) di Program Pascasarjana Universitas Andalas adalah:

  1. Mampu membangun peta jalan penelitian mulai dari mengidentifikasi, merumuskan dan mencari pemecahan masalah yang berkaitan dengan pembangunan (KU1)
  2. Mampu menyusun rancangan dan melaksanakan kajian pembangunan yang bersifat memadukan analisis dari pendekatan sosial, ekonomi dan keberlanjutan lingkungan dalam upaya   menemukan ataupun mengembangkan teori/konsepsi/gagasan ilmiah baru yang bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan memberikan kemamfaatan pada peningkatan kesejahteraan masyarakat (KU2)
  3. Mampu menggunakan pendekatan inter, multi ataupun transdisipliner dalam membangun argumentasi dan solusi keilmuan berdasar pada pandangan kritis atas fakta, konsep, prinsip ataupun teori (KU3)
  4. Mampu menyebarluaskan gagasan hasil peneitian dalam bentuk disertasi, publiksi ilmiah dalam jurnal internasional yang terindex serta mengaplikasikan dalam rangka pengabdian kepada masyarakat (KU4)

Sedangkan Kompetensi Pendukung, adalah:

  1. Mampu menunjukkan kepemimpinan dalam mengelola dan mengembangkan program penelitian dan pengembangan yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan kemaslahatan umat manusia (KP1)
  2. Mampu mengembangkan dan memelihara hubungan kolegial dan kesejawatan dengan para ahli, praktisi dan birokrasi pembangunan pada umumnya (KP2).

 

B. LEARNING OUTCOMES

Dengan merujuk pada Perpres No.8 tahun 2012 tentang KKNI, dan mengacu pada profil kompetensi lulusan yang telah dirumuskan, maka deskripsi learning outcomes dari Program Doktor Studi Pembangunan ini adalah :

Tabel Capaian Pembelajaran berdasar Kompetensi Lulusan

Kompetensi Lulusan

Unsur deskripsi kompetensi

Learning Outcomes (capaian pembelajaran)

Mampu mengembangkan konsep-konsep baru dalam bidang ilmu studi pembangunan

Mengembangkan

Menghasilkan kajian literatur yang berisi temuan tentang  (LO-1)

Konsepsi baru

gab riset dan gab ilmu yang belum cukup didalami terutama (LO-2)

Studi pembangunan

dalam kajian masalah pembangunan secara komprehensif (LO-3)

Mampu menggunakan pendekatan inter, multi ataupun transdisipliner dalam menghasilkan disertasi dan publikasi di bidang kajian pembangunan

Menggunakan

Menguasai teori-teori dan metoda analisa (LO-4)

Pendekatan, inter, multi-, atapun trans disiplinary

Yang memadukan berbagai bidang ilmu dalam satu kerangka berfikir kritis dan analitis (LO-5)

Disertasi dan publikasi kajian pembangunan

Untuk mengkaji masalah pembangunan ke dalam satu bentuk karya ilmiah disertasi ataupun publikasi internasional yang terindex (LO06)

Mampu menunjukkan kepemimpinan dalam mengelola dan mengembangkan program penelitian yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan kemaslahatan umat manusia

Menunjukkan

Menghasilkan dan melaksanakan metoda penelitian yang (LO-7)

Kepemimpinan pengelolaan penelitian

Melibatkan banyak pihak dalam pengumpulan serta analisa data (LO-8

Bermanfaat bagi ilmu dan masyarakat

Sehingga menghasilkan karya ilmiah yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan masyarakat (LO-9)

 

C. KURIKULUM

Sesuai dengan peraturan yang berlaku saat ini dalam maka proses pendidikan PDSP mengikuti Sistem Kredit Semester dimana beban studi yang harus dipenuhi minimum 42 sks, untuk mahasiswa yang sudah mempunyai gelar Magister atau setara.

Mengacu kepada Peraturan Akademik Universitas Andalas No.3 tahun 2016, maka program pendidikan pada PDSP ditujukan untuk menghasilkan disertasi yang berkualitas melalui penelitian yang lebih intensif dibandingkan dengan beban perkuliahan. 

Berdasar uraian tersebut, terutama berdasar pada kompetensi lulusan yang diharapkan, maka pada Tabel 4. berikut dijabarkan kurikulum PDSP yang memperlihatkan beban studi pada setiap semester. Kurikulum yang berkaitan dengan pemberian mata kuliah telah disusun berdasarkan kompetensi yang telah ditetapkan.

Tabel Kurukulum PDSP pada Program Pascasarjana Universitas Andalas

Semester

Kode MK

Nama Mata Kuliah

Wajib/Pilihan

SKS

I

PPS 711

Falsafah Sains (Phylosophy of Siences)

Wajib

3

DSP 711

Konsepsi Pembangunan Berkelanjutan        

( Concept of Sustainable Development)

Wajib

3

DSP 712

Capita Selekta Studi Pembagunan : Penulisan makalah dan Seminar

(Capita Selecta : Paper Writing and Presentation)

Wajib

3

PPS 731

Topik Khusus 1)

Pilihan

3

...................

Mata Kuliah Pilihan 2)

Pilihan

3

II

PPS 732

Topik Khusus II 

Pilihan

3

PPS 713

Seminar Proposal Penelitian

Wajib

1

 

Ujian Preliminary (proposal penelitian)

 

 

...................

Mata Kuliah Pilihan

Pilihan

3

III- VI

PPS 741

Progres Report I 3)

Wajib

3

PPS 742

Progres Report II3)

Wajib

3

PPS 743

Progres Report III3)

Wajib

3

PPS 744

Progres Report IV3)

Wajib

3

PPS 751

Seminar Nasional

Pilihan

2

PPS 752

Seminar Internasional

Pilihan

4

PPS812

Seminar Hasil Penelitian

Wajib

1

PPS 813

Disertasi dan Ujian Doktor

Wajib

15

Total

56

Minimal 42 – 50 sks  yang diambil

Keterangan :

  1. Kegiatan akademik berupa  MK Tugas/Topik khusus (Directed Independent Study) adalah satu kegiatan perkuliahan tidak terstruktur, dimana mahasiswa diberikan satu tugas oleh Tim Promotornya untuk melakukan kegiatan mandiri, baik berupa studi pustaka ataupun penelitian pendahuluan sesuai dengan topik riset disertasinya yang setara dengan beban studi 3 sks. Dalam periode satu semester dari MK Tugas/Topik khusus tersebut, mahasiswa diwajibkan untuk melakukan pertemuan dengan promotornya sebanyak 8 (delapan) kali pertemuan. Hasil akhir dari Topik Khusus ini harus berupa satu makalah yang dipresentasikan dan dinilai oleh Tim Promotor dalam forum Kolokium Series Program Doktor, dan kemudian setelah dijilid, disimpan di pustaka PPs Unand.
  2. Mata Kuliah pilihan merupakan MK pemusatan dan dapat diambil dari mata kuliah yang ditawarkan pada program studi lain, baik pada program magister ataupun pada program doktor di PPs Unand atau di Perguruan Tinggi lainnya dalam bentuk credit transfer
  3. Kegiatan penelitian dilakukan setiap semester untuk menghasilkan karya ilmiah berupa progress report yang dinilai oleh tim promotor pada setiap akhir semester dalam forum sidang tim promotor, yang sekaligus juga memberi penilaian terhadap makalah seminar nasional dan internasional yang dihasilkan.
  4. Progress Report 1 dan 2, minimal adalah berupa penerbitan artikel pada jurnal nasional tidak terakreditasi atau makalah pada seminar lokal, yang masing-masingnya setara dengan 3 sks
  5. Progres report 3 dan 4, minimal adalah berupa penerbitan satu artikel jurnal internasional dan satu artikel jurnal nasional terakreditasi, atau kedua-duanya artikel jurnal international ataupun artikel jurnal nasional terakreditasi, yang masing-masingnya setara dengan 3 sks
  6. Karya ilmiah terkait dengan penelitian disertasi yang dipresentasikan dalam seminar nasional di luar propinsi setara dengan 2 sks, sedangkan apabila dipresentasikan dalam seminar internasional di luar negeri setara dengan 4 sks.

 

Pemberian bobot sks disertasi sebanyak 30 sks diberikan setelah mahasiswa dinyatakan lulus pada ujian akhir tertutup dan terbuka, sudah mencakup seluruh proses mulai dari penulisan proposal, penelitian pengumpulan data dan pengolahannya, serta penulisan naskah disertasi itu sendiri.

Read 2023 times