Program Studi Program Profesi Insinyur

    Ketua Prodi   : Ir.Benny Dwika Leonanda,MT.,IPM 
 Email  Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. ; Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
 HP : 08126754891

 

Program Studi Program Profesi Insinyur  (PS PPI) merupakan program studi yang memberikan kompetensi Insinyur seperti halnya dipersyarqatkan oleh UU No.11 tahun 2014 tentang Keinsinyuran. PS PPI merupakan sebuah Pendidikan Profesi Insinyur, dan lembaga yang berhak memberikan gelar Insinyur, Ir., kepada seseorang yang sesuai dengan kualifikasi Insinyur.

Insinyur merupakan seseorang yang mempunyai kompetensi dalam menggunakan matematika dan ilmu pengetahuan dan memanfaatkan bahan-bahan alam yang dipakai untuk kepentingan kemaslahatan manusia. Mereka memiliki kemampuan perancangan, memanfaatkan, mengevaluasi sumber daya, ilmu pengetahuan, dan Teknologi yang bekerja dalam perancangan, pembuatan, pengoperasian, perawatan berbagai produk, proses, dan sistem yang terkait dengan  manusia, dan lingkungan, memecahkan masalah, melakukan riset, dan mengambil keputusan berdasarkan standar keinsinyuran yang dapat dipertanggung jawaban. Sementara menurut UU No. 11 Tahun 2014 tentang keinsinyuran, dinyatakan bahwa Insinyur adalah seseorang yang mempunyai gelar Profesi di bidang Keinsinyuran. Gelar Insinyur ini harus diperoleh melalui pendidikan profesi di Program Studi Program Profesi Insinyur (PPI).

 

Visi dan Misi Program Studi 

Sebagai sebuah program studi, PS PPI mempunyai Visi dan Misi yang mumpuni dan mengarah ke masa depan, dan sejalan dengan visi dan misi Universitas Andalas. Atas dasar pemikiran demikian maka Visi 2017-2020 PS PPI dapat dinyatakan sebagai berikut:

  • Visi

Menjadi pusat pendidikan Profesi Insinyur yang mempunyai inovasi dan qualitas tinggi, bermartabat, dan bertaraf Internasional di bidang pendidikan profesi Insinyur

 

  • Misi

Mendidik, dan melatih seseorang menjadi seorang insinyur, memperkuat intelektual dan memperkaya kehidupan.

 

Dengan visi dan misi tersebut PS PPI akan bergerak aktif dalam pergaulan nasional dan internasional.dan menyiapkan langkah-langkah progresif untuk menghadapi persaingan antar tenaga kerja terampil dan terlatih di bidang keinsinyuran di dalam masyarakat ekonomi ASEAN (MEA), dan menghadapi arus globalisasi

 

Tujuan Pendidikan

Tujuan pendidikan PS PPI adalah:

  • Mengembangkan pendidikan kepada Mahasiswa, meneliti, dan melayani kebutuhan profesionalisme mahasiswa, mendorong proses belajar berkelanjutan, bertanggung jawab kepada masyarakat, dan mengembangkan kepemimpinan.
  • Memelihara fleksibilitas intelektual, pengetahuan dan keterampilan dengan mengintegrasikan sistem pengajaran; belajar, penelitian, pengkajian teknologi, dan mengutamakan perbaikan terus-menerus sebagai masyarakat ilmiah.
    • Menjadi instusi yang unggul di dalam komunitas kampus melalui peluang untuk berprestasi dalam pengajaran, penelitian, dan memelihara kreatifitas, dan pelayanan.
    • Merangkul keaneka ragaman dalam komunitas di semua dimensi, dan menyadari bahwa saling menghormati antar individu dan profesi adalah sangat penting dalam menyapai kesukses pribadi, dan kehidupan di dalam masyarakat.
    • Melayanani di semua komunitas. Berusaha memberi kontribusi untuk kepentingan dan kemajuan bersama
    • Mempunyai standar yang tinggi dalam membangun kharakter dan integritas sebagai dasar intelektual dan profesi Insinyur.

 

Luaran (Outcomes) PS PPI 

Setiap mahasiswa mendapatkan kemampuan dalam melakkan perencanaan keinsinyuran dengan memanfaatkan sumbef daya, dan melakukan evaluasi keinsinyuran secara komprehensif dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kemampuan dalam memecahkan permasalahan (problem solving) keinsinyuran melalui pendekatan mono dan multi disiplin ilmu, dan kemampuan dalam melakukan riste dan mengambil keputusan keinsinyuran sesauai etika profesi insinyur dan standar-standar keinsinyuran secara strategis dan akuntabel (dapat dipertanggung jawabkan).

 

Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran untuk setiap perserta Program Studi Program Profesi Insinyur Universitas Andalas sebagai berikut:

  1. Mampu melakukan perencanaan keinsinyuran dengan memanfaatkan sumberdaya dan melakukan evaluasi keinsinyuran secara komprehensif dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  2. Mampumemecahkan permasalahan keinsinyuran melalui pendekatan monodisiplin dan multidisiplin ilmu.
  3. Mampu melakukan riset dan mengambil keputusan keinsinyuran sesuai etika profesi secara strategis dan akuntabel.

 

Kunci sukses PPS PPI

PS PPI menyusun kunci sukses dalam mencapai kerberhasilan visi dan misi tersebut di atas dan menghadapi persaingan global.

  • Berpusat kepada mahasiswa : berkomitmen untuk mendidik, meneliti dan melayani kebutuhan mahasiswa, mendorong proses belajar belajar berkelanjutan, bertanggung jawab kepada masyarakat dan mengembangkan kepemimpinan
  • Fleksibel : memelihara fleksibilitas intelektual, pengetahuan dan keterampilan dengan mengintegrasikan sistem pengajaran ; belajar, penelitian, pengkajian teknologi, dan mengutamakan perbaikan terus-menerus sebagai masyarakat ilmiah
  • Unggul : berusaha menjadi istitusi yang mampu didalam komunitas kampus melalui peluang untuk berprestasi dalam pengajaran, penelitian dan memelihara kreatifitas dan pelayanan
  • Penghormatan : merangkul keaneka ragaman dalam komunitas disemua dimesi dan menyadari bahwa saling menghormati antar individu dan profesi adalah sangat penting dalam mencapai kesuksesan pribadi dan kehidupan didalam masyarakat.
  • Pelayanan : melakukan pelayanan disemua komunitas. Berusaha memberi kontribusi untuk kepentingan untuk kepentingan dan kemajuan bersama
  • Standar tinggi : mempunyai standar yang tinggi dalam membangun karakter dan integritas sebagai dasar intelektual dan profesi insinyur

 

Proses Perkuliahan

Proses perkuliahan dilakukan dengan transfer kredit dan pembebasan kredit terhadap capaian pembelajaran meliputi :

  • Pendidikan Formal
  • Pendidikan Non Formal
  • Pendidikan Informal
  • Penglaman kerja keinsinyuran

 

Di dalam melaksanakan perkuliahan PS PPI memakai sistem Rekognisi Pembelajaran masa Lampau (Recognition Prior Learning), RPL dengan dua mekanisme: yaitu RPL Penuh (Full RPL) dan RPL sebahagian (Partial RPL). Pelaksanaan perkuliahan dilakukan dengan membuat portofolio (pengalaman pribadi keinsnyuran) yang dimiliki setiap mahasiswa dan submit ke PS PPI dengan dua mekanisme pengevaluasian yaitu: Uji Porto Folio, dan Uji Profesi Insinyur. Sekiranya mahasiswa tidak mencukupi kompetensi sebagai seorang Insinyur maka setiap yang dinyatakan tidak lulus portofolio harus mengikuti perkuliahan di PS PPI. Kuliah tersebut dinyatakan/dinamakan sebagai Sistem Perkuliahan Tertinggal,

 

Pembelajaran Jarak Jauh (Distance Learning)

Dalam sistem perkuliahan tertinggal setiap mahasiswa tidak diharuskan berada di kampus, akan tertapi tetap berada di kota, atau ditempat mahasiswa bekerja. Perkuliahan dapat dijalankan dengan sistem komunikasi jarak jauh, kelas virtual, berkirim surat, dokumen yang memenuhi syarat diperlukan untuk kelulusan. Jika diperlukan maka Dosen PS PPI bisa saja melakukan observasi , evalausi, dan eksaminasi ditempat kerja atau kota mahasiswa berada untuk melakukan klarifikasi terhadap capaian pembalajaran mahasiswa. Proses pembelajaran dapat dilakukan dalam bentuk:

  1. Tugas mandiri berupa laporan studi kasus keinsinyuran;
  2. Tugas kelompok (projeck/problem based learning; callobaritive based learning)
  3. Penulisan lamporan proyek dan presentasi
  4. Proposal kegiatan keinsinyuran
  5. Menghadiri seminar

Sementara sistem evaluasi terhadap proses perkuliahan dapat dilakukan dengan

  1. Kehadiran (presensi) ditempat kerja
  2. Ujian
  3. Tugas-tugas
  4. dan bentuk penilian lainnya.

 

Standar Mutu

Di dalam menjamin mutu lulusan, PS PPI menetapkan standar, menjamin pelaksanaan, system evaluasi, melakukan pengendalian, dan peningkatkan kinerja PS PPI sesuai dengan stanadr-standar sebuah Program Studi diperguruan tinggi beroperasi di Indonesia.Terdapat dua standar tambahan sebagai inti pembelajaran di PS PPI yaitu: Standar Program Studi Program Profesi Insinyur, dan Standar Capaian Pembelajaran Program Studi Program Profesi Insinyur Universitas Andalas. Dengan berpatokan kepada standar-standar tersebut maka setiap lulusan dari PS PPI dapat dijamin mempunyai kemampuan yang dapat dipertanggung jawabkan.

 

Lama Studi

Lama pendidikan Profesi Insinyur diselenggarakan selama 1 (satu) sampai 2 (dua) semester dengan beban sebesar 24 SKS. Semua hal tersebut sangat tergangung kepada prestasi pribadi (portofolio) yang disampaikan oleh mahasiswa, dan kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan studi.

 

Biaya Pendidikan

untuk biaya pendidikan akan segera diumumkan....

 

Pra-syarat

  1. Sarjana atau Sarjana Terapan disiplin teknik ke insinyuran dalam bidang (1) Kebumian dan Energi (2) Rekayasa Sipil dan Lingkungan Terbangun (3) Industri (4) Konservasi dan Pengelolaan Sumber Daya Alam (5) Pertanian dan Hasil Pertanian (6) Teknologi Kelautan dan Perkapan, dan memiliki pengalalaman kerja dibidang keinsinyuran sesuai dengan UU no. 11 tahun 2014 tentang Keinsinyuran paling sedikit 2 (dua) tahun,
  2. Sarjana Pendidikan Bidang Ilmu Teknik dan Sarjana Sains memiliki pengalaman kerja dengan bidang sininyuran sesuai dengan UU no. 11 tahun 2014 tetang Keinsinyuran plaing sedikit 5 (lima) tahun dengan rincian 3 (dua tahun) untuk penyetaraan sebagai sarjana teknik dan 2 (dua) tahun untuk dapat mengikuti pendidikan Profesi Insinyur. Setiap mahasiswa yang berasal dari program studi Sarjana Pendidikan bidang Ilmu Teknik diharuskan mengikuti rekognisi pembelajaran lampau (RPL) untuk dinyatakan mempunyai kemampuan setara dengan Sarjana Teknik. Untuk proses ini akan dikenai biaya tambahan.

 

Syarat Pendaftaran

  1. Copy ijazah dan transkrip nilai S1 (berlegalisir)
  2. Copy KTP
  3. Pas Photo (berwarna)
  4. Surat keterangan bekerja dan atau pernah bekerja atau pengalaman kerja dari instansi/perusahaan
  5. Daftar pekerjaan/pengalaman kerja di bidang keinsinyuran
  6. Bukti Setoran uang pendaftaran 

Khusus untuk program RPL Penuh (Full RPL) persyaratan ditambah dengan :

  1. Kartu tanda anggota PII yang masih berlaku, atau organisasi sejenis
  2. Formulir Aplikasi Insinyur Profesional (FAIP) atau catatan sejenis.

 

Jadwal Pendaftaran

Pendaftaran PS PPI akan diumumkan di http://pendaftaran.pmb.unand.ac.id

Read 129 times Last modified on Rabu, 07 November 2018 09:12