Sinopsis Mata Kuliah

  • Concept and Principle of Integrated Natural Resources Management

Program ini diberikan untuk mengembangkan pemahaman tentang perspektif dan strategi dalam manajemen terpadu sumberdaya alam yang terkait dengan berbagai dimensi (fisika,, ekonomi, kebijakan sosial masyarakat, hukum, dan lembaga). Ada tujuh topik akan dibahas :

  1. Peran sumber daya alam dalam pembangunan nasional,
  2. Masalah dan tantangan pengelolaan sumber daya alam di pembangunan nasional dan daerah,
  3. Konsep dan prinsip-prinsip pengelolaan sumber daya alam terpadu,
  4. Mengembangkan kerangka lingkungan untuk mendukung INRM,
  5. Peran lembaga di INRM, dan pengalaman atau studi kasus.

 

Dasar rasional mata kuliah ini adalah bahwa para manajer sumber daya alam menghadapi beberapa kendala dalam upaya mencapai pengelolaan sumber daya yang berkelanjutan yang disebabkan oleh perubahan, kompleksitas, ketidakpastian dan konflik. Untuk menangani masalah ini, pendekatan yang terpadu dipilih sebagai cara alternatif yang lebih baik.Oleh karena itu, penting bagi manajer sumber daya alam, perencana, dan pengambil keputusan untuk memiliki pemahaman tentang kompleksnya permasalahan yang ada dan menggunakannya dalam pertimbangan perencanaan dan pelaksanaan pada program dan proyek yang berkaitan dengan pengelolaan sumber daya alam.

 

Deskripsi pedoman

Mata kuliah ini menjelaskan konsep dan prinsip dari pengelolaan SDA, beberapa pendekatan dalam pengelolaan SDA dan bagaimana memadukannya sebagai sebuah pendekatan yang mampu menolong manajer untuk merumuskan keputusan dan mengimplementasikannya pada pengelolaan SDA.

  

Desain Penelitian Kuantitatif untuk Manajemen Terpadu Sumber Daya Alam

Desain penelitian kuantitatif diperlukan dalam pemahaman dan pemecahan masalah pengelolaan sumberdaya alam. Desain penelitian memberikan pemahaman skill kepada mahasiswa mulai dari menyusun langkah penelitian, berfikir logis untuk perencanaan penelitian, mereview literatur dan merancang penelitian. Secara teknis juga dibahas teknik pengumpulan data dan etika pengumpulan data. Tidak kalah pentingnya adalah juga analisis data termasuk di dalamnya pertimbangan data untuk analisis statistik sampai kepada penggunaan software  SPSS untuk analisis kuantitatif.

 

(NRM 513) Konservasi Sumbe Daya Alam(Natural Resources Conservation)

Mata kuliah ini menawarkan kepada mahasiswa pascasarjana filsafat manajemen sumber dayaalam, aspek prinsip dalam NRM dalam kaitannya dengan ekologi, ekonomi dan aspek sosial budaya, potensi dan masalah dalam NRM terkait dengan deforestasi, pasokan air pertanian. Kursus ini akan terkonsentrasi pada teknik dan metode dalam kegiatan NRM yang berkaitan dengan kawasan konservasi dan ekosistem pertanian

Kuliah ini menyajikan tentang filsafat pengelolaan sumber daya alam, aspek prinsip dalam NRM dalam kaitannya dengan ekologi, ekonomi dan aspek sosial budaya, potensi dan masalah dalam NRM terkait dengan deforestasi, dan pasokan air pertanian. Mata kuliah ini akan terkonsentrasi pada teknik dan metode dalam kegiatan NRM yang berkaitan dengan kawasan konservasi dan ekosistem pertanian.

 

 Ecological Principles of Natural Resourves Management (Prinsip Ekologi Untuk Pengelolaan SDA)

Subjek ini didorong untuk pertama mempelajari berbagai disiplin ilmu ekologi untuk mendapatkan pemahaman dasar dan luas dampak manusia pada ekosistem. Berdasarkan pengetahuan tersebut, mahasiswa dan peneliti mungkin mengembangkan berbagai teknologi yang berkelanjutan secara ekologis yang efektif untuk mengembalikan ecosystem tanah dan air dan untuk menciptakan ekosistem yang diinginkan dalam skala lokal, regional dan global. Penelitian mahasiswa di bidang ini melibatkan pembangunan pertanian berkelanjutan, degradasi tanah, konservasi keanekaragaman hayati.

 

Natural Resource Economics

Mata kuliah ini mengeksplorasi bagaimana keputusan alokasi sumber daya di sektor sumber daya alam dapat dipahami dan diselesaikan melalui penerapan konsep dan metode ekonomi sumber daya.

Tujuannya adalah untuk melatih siswa untuk menggunakan ekonomi dalam perencanaan dan pengelolaan pengembangan sumber daya alam dan untuk dapat berhubungan kriteria ekonomi untuk diciplines teknis dan administrasi lainnya. Topik yang dibahas meliputi: pengenalan sumber daya masalah alokasi, utilitas konsep ekonomi utama dalam penggunaan sumberdaya menganalisis (untuk berbagai keperluan) dan proyek, strategi investasi, manajemen dan keberlanjutan  investasi khususnya melalui penyediaan keuangan untuk biaya berulang dan partisipasi pengguna, yang lingkungan, dimensi sosial dan politik dari penggunaan sumber daya, dan studi kasus. Mata kuliah Ekonomi SDA ini bertujuan:

  1.  Memahami hubungan antara sumber daya alam dan ekonomi,
  2.  Peran dan pentingnya isu-isu lingkungan dalam pembangunan ekonomi menilai metode,
  3. Aanalisis biaya manfaat, dan analisis efektivitas biaya.

 

Introduction to Gender and Natural Resources

Mata kuliah Gender dan NRM membahasa masalah, konteks, ideologi jenis kelamin, nilai-nilai agama dan etnis, studi kasus dll) dalam mengembangkan pemahaman tentang pentingnya gender di INRM. Menggali dan memahami perspektif yang berbeda dalam menganalisis isu-isu gender dalam INRM mempelajari pelajaran dari studi kasus dan pengalaman lapangan

 

Pluralisme Hukum dalam Pengelolaan Sumberdaya Alam

Sumber daya alam telah menjadi bagian dari studi hukum. Salah satunya adalah perspektif antropologi hukum. Dalam perspektif ini, konsepsi deskriptif pluralisme hukum (lebih dari satu tatanan hukum) dan interaksi di antara mereka dalam bidang sosial sangat penting. Program ini dimulai dengan membahas penjelasan tentang konsepsi teoritis pluralisme hukum, mengakui global, nasional dan lokal dimensi juridistic yang terkait dengan pengelolaan sumber daya alam. Dengan pluralisme hukum dimaksudkan bahwa kehadiran lebih dari satu tertib hukum dalam bidang sosial dan perintah hukum tersebut digunakan untuk mengelola berbagai sumber daya alam. Materi yang terkandung dalam Legal Pluralism menyangkut konsep pluralism hukum dan aplikasinya pada berbagai sumberdaya alam; hutan, lahan, air, juga metodologi penelitian legal pluralism.

 

Spasial analysis

Tujuan dari program ini adalah untuk :

  1. memperkenalkan mahasiswa untuk teknik dan kemampuan fungsional analisis spasial,
  2. menyatukan informasi terbaru dari informasi spasial penggunaan systemx untuk berbagai aplikasi sumber daya alam. Isi dari kursus ini untuk berdiskusi dan menganalisis :
    1. Gambaran dari alam syatem analisis spasial;
    2. Teknik yang dibutuhkan untuk membuat database spasial komputerisasi;
    3. Fungsi dan kemampuan dari sistem analisis spasial berbasis komputer; dan
    4. Aplikasi dari sistem analisis spasial untuk mengelola berbagai jenis sumber daya seperti tanah dan sumber daya tanah manajemen, pengelolaan sumber daya air, pengelolaan sumber daya hutan, pantai dan manajemen sumber daya lepas pantai.

 

INRM Plan & policy

Tujuan dari program ini adalah untuk memperkenalkan mahasiswa dengan metode konseptual dalam  perencanaan dan perancangan kebijakan terpadu untuk pengelolaan sumber daya alam. Secara khusus, tentu  saja akan membahas kelemahan dari pendekatan perencanaan sebelumnya yang dianggap sebagai tidak terintegrasi, sektoral, mono-disiplin, dan berkonsentrasi hanya pada sumber daya tunggal. Pengalaman dari banyak negara maju dan berkembang akan membahas untuk mendapatkan pendekatan yang penting dan cocok untuk Indonesia.

 

Independent study

Mata kuliah ini merupakan studi individu yang harus dilakukan oleh siswa untuk persiapan tesis mereka. Sebelumnya, tim pembimbing tesis akan diumumkan oleh program studi. Mereka dapat bekerja maka dengan dosen pembimbing untuk menulis makalah ilmiah tentang pengelolaan terpadu sumber daya alam. Presentasi dan jadwal diskusi untuk setiap siswa akan ditetapkan oleh program studi.

 

 

Read 2077 times