Menlu RI akan Beri Kuliah Umum di Unand

03 Januari 2019

Padang (Unand) – Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Menlu RI) Retno L. P Marsudi akan memberikan kuliah umum di Universitas Andalas Padang yang direncanakan pada Sabtu 26 Januari 2019 mendatang.

“Kuliah umum ini akan membahas mengenai isu-isu internasional dan hubungan luar negeri yang akan dihadiri oleh segenap civitas akademika Universitas Andalas,” ungkap Dr. Ferdi, SH, MH Wakil Dekan I fakultas Hukum Universitas Andalas.

Dilanjutkannya Menlu RI akan menghadiri dua agenda penting yakni Kuliah Umum di Universitas Andalas siangnya akan dilanjutkan dengan Diplomacy Festival (Diplofest) yang diadakan di Gelanggang Olah Raga Haji Agus Salim Padang.

“Untuk Diplofest ini akan diikuti oleh mahasiswa dan juga akan diikuti oleh masyarakat Sumaterabarat,” ujarnya. 

Hal itu ditandai dengan kehadiran utusan dari Kemenlu RI diantaranya yaitu Direktorat Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Cecep Herawan di Universitas Andalas pada Rabu (2/1) yang disambut oleh Rektor bersama jajarannya.

Juga tampak hadir Wakil Rektor III Universitas Andalas Prof. Dr. Ir. Hermansah, MS, MSc, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Dekan Fakultas Ekonomi yang didampingi oleh Wadek II, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Dr. Ing Uyung Gatot.

Sementara itu, Rektor Universitas Andalas Universitas Andalas Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA mengatakan kuliah umum dengan menghadirkan Menlu RI guna mengetahui kebijakan yang ada di pemerintahan mengenai hubungan luar negeri dan isu internasional.

“Amat penting bagi civitas akademika untuk mengetahui perkembangan dan berbagai kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah mengenai hubungan luar negeri serta isu-isu internasional,” ujarnya.

Bagi mahasiswa hukum internasional atau hubungan internasional nantinya bisa mendapatkan gambaran pasti tentang diplomasi ini. 

Dikatakannya melalui Diplofest ini paling tidak bisa memberikan gambaran langsung bagaimana diplomasi dilakukan.

“Mahasiswa atau generasi muda memang harus memahami lebih luas mengenai hubungan luar negeri dan isu internasional ini,” harapnya.

 

Humas dan Protokol Unand

Sumber : https://unand.ac.id/id/berita-peristiwa/berita/item/3064-menlu-ri-unand-kuliah-umum.html

Read 375 times