Sinopsis Mata Kuliah

Penjabaran ringkas dari isi materi dan metoda pengajaran dari MK wajib di Program Doktor Studi Pembangunan dinyatakan dalam bentuk sinopsis sebagai berikut:

a)   MK. Konsepsi Pembangunan Berkelanjutan : Kondisi sosial, ekonomi dan teknologi di dunia telah berubah sangat dramatis selama seratus tahun terakhir. Hanya saja, perkembangan tingkat kehidupan di banyak negara, pertumbuhan usaha multinasional yang terus merambah di semua aspek produksi dan konsumsi, telah turun serta berperan dalam penurunan kondisi sumberdaya alam dan lingkungan hidup.  Sejak empat atau lima dekade telah banyak ahli pembangunan yang memberikan peringatan terhadap dampak negatif dari pertumbuhan ekonomi dan teknologi yang demikian pesat ini, dimana pada umumnya mereka mengajukan paradigma “Green economy” serta menggiring kepada perubahan profesionalisme pembangunan yang lebih kreatif dan inovatif dalam berbagai aspek ekonomi pembangunan. Paradima pembangunan berkelanjutan menjadi pattern dalam mengembangkan sumberdaya untuk pembangunan ke depan yang lebih ramah terhadap sumberdaya dan lingkungan, baik lingkungan sosial maupun ekosistem.

            Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan fondasi yang kuat bagi para peneliti setara Doktoral untuk lebih memahami dan meyakini konsepsi “pembangunan berkelanjutan”. Materi yang dibahas tidak hanya bersifat teoretikal tentang konsepsi utama, prinsip-prinsip dan juga praktek-praktek             pembangunan berkelanjutan, tetapi juga membangun kerangka analitis yang lebih strategis dalam menilai aspek ekonomi, sosial dan lingkungan   secara holistik di segala bidang/sektor pembangunan. Mata kuliah ini juga membahas permasalahan makro pada tingkat internasional terutama dalam kaitan dampak dari globalisasi serta peran-peran sektor swasta (nasional and multinasional) dan LSM.

b)   MK. Falsafah Sain : Dalam mata kuliah ini akan dikaji konsep dasar tentang filsafat ilmu, kedudukan, fokus, cakupan, tujuan dan fungsinya serta kaitannya dengan kompetensi program studi dalam menghasilkan karya ilmiah berupa disertasi. Berikutnya dibahas pula tentang karakteristik filsafat, ilmu dan pendidikan serta jalinan fungsional antara ilmu, filsafat dan agama. Selanjutnya dibahas mengenal sistematika, permasalahan, keragaman pendekatan dan paradigma (pola pikir) dalam pengkajian dan pengembangan ilmu dan dimensi ontologis, epistomologis dan aksiologis. Selanjutnya dikaji mengenai makna, implikasi dan implementasi filsafat ilmu sebagai landasan dalam rangka pengembangan keilmuan dan kependidikan dengan penggunaan alternatif metodologi penelitian, baik pendekatan kuantitatif dan kualitatif, maupun perpaduan kedua-duanya.

c)     MK. Capita Selekta

Maka kuliah ini bentuk dengan upaya memberi manfaat kepada mahasiswa untuk memahami, mendalami permasalahan dan topik penelitian yang akan menjadi disertasinya. Pembelajaran dilakukan dalam bentuk tutorial dimana mahasiswa diminta untuk melakukan kerja mandiri, mereview sejumlah artikel ilmiah tentang topik risetnya minimal 5 untuk per minggu. Kemudian mempresentasikan hasil review artikel tersebut pada setiap minggu pertemuan, dengan difasilitasi oleh dosen pengasuh, sehingga pada akhir perkuliahan mahasiswa dapat merumuskan “state of the art” dari rencana disertasinya.  

Terkait dengan MK pilihan yang mungkin diambil oleh mahasiswa, harus dikonsultasikan dengan Komisi Pembimbingnya, dalam mendukung persiapan mahasiswa dalam penulisan proposal penelitiannya sesuai dengan bidang kajiannya.

Mata Kuliah pilihan tersebut dapat dipilih dari Mata Kuliah yang ditawarkan oleh Program Studi Magister dan Doktor yang ada di Universitas Andalas, terutama Program-program studi terkait dengan kajian pembangunan, seperti Prodi Pembangunan Wilayah dan Pedesaan (PWD) Prodi Pengelolaan Terpadu Sumberdaya Alam (PTSDA), Prodi Ilmu Ekonomi Pertanian (IEP), Prodi Ilmu Penyuluhan dan Komunikasi Pembangunan (IPKP), Prodi Pembangunan Perumahan dan Pemukiman (PPP), Prodi Ilmu Lingkungan (LINK), Prodi Perencanaan Pembangunan ataupun Program Magister di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik dan Fakultas lainnya. 

Read 1699 times