Pascasarjana Universitas Andalas - Items filtered by date: Januari 2020
28 Januari 2020 In Berita & Peristiwa
Pembelian PIN dan Pendaftaran Online  : 29 Januari s/d 7 Februari 2020
 Tes TPA, TOEFL dan Wawancara : 8 Februari 2020
    TPA (Jam 08.00 - 10.00 WIB)
    TOEFL (10.15  - 12.45 WIB)
    Wawancara (13.30 - selesai
 Pengumuman Lulus : 11 Februari 2020
 Daftar Ulang : 11 - 12 Februari 2020
 Mulai Kuliah : 14 Februari 2020

 

Persyaratan Umum :

IPK Minimum 2,75 atau <2,75 jika memiliki pengalaman kerja

Persyaratan dan Kelengkapan Berkas yang di upload dan diserahkan :

  1. Foto copy ijazah dan transkip nilai S1,S2 yang dilegalisir 
  2. Pas photo 4x6 sebanyak 3 lembar
  3. Surat keterangan sehat dari dokter
  4. Formulir pendaftaran, dapat didownload di berkas attachment dibawah postingan ini
  5. Rancangan penulisan ide penelitian (minimal 1000 kata)
  6. Surat kesediaan dari calon promotor/ pembimbing untuk calon pendaftar S3 (Download pada berkas attachment postingan ini)
  7. Surat rekomendasi akademis dari tiga orang untuk calon pendaftar S3 yang relevan
  8. Melampirkan bukti pembelian PIN pendaftaran
  9. Melampirkan Sertifikat Akreditasi Perguruan Tinggi Asal

Seluruh berkas pendaftaran diupload di http://pendaftaran.pmb.unand.ac.id dan di bawa pada saat tes wawancara 

Prosedur Pendaftaran :

  1. Melakukan Registrasi awal pada http://pendaftaran.pmb.unand.ac.id, kemudian klik Pembelian PIN untuk memperoleh KAP dan PIN, kemudian cetak kartu pembelian PIN pada akhir pengisian setelah di submit
  2. Melakukan Pembayaran pada Bank Syariah Mandiri sebesar Rp. 500.000,- untuk aktivasi KAP dan PIN
  3. Melakukan pendaftaran dan pengisian formulir pendaftaran secara online melalui website :http://pendaftaran.pmb.unand.ac.id untuk mendapatkan kartu peserta

Alur Prosedur Pendaftaran :

 

21 Januari 2020 In Berita & Peristiwa

Padang (Unand) - Universitas Andalas bekerjasama dengan Pusat Pendidikan dan Latihan Nasional (PUSDIKNAS) menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Ujian Sertifikasi Penggadaan Barang dan Jasa Pemerintah berdasarkan Peraturan Presiden nomor 16 tahun 2018.

Bimtek dan ujian sertifikasi ini berlangsung di Ruang Rapat Sayap Kanan Gedung Auditorium Kampus Unand Limau Manis Padang pada Senin (20/1).

Sebanyak 42 peserta terdiri dari Pejabat Struktural dan juga Tenaga Kependidikan (Tendik) mengikuti Bimtek dan Ujian Sertifikasi ini yang dibuka secara langsung oleh Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Yuliandri, SH, MH.

Dikatakannya selama ini bukan tidak ada tenaga atau pejabat yang berkompentesi didalam penggadaan barang dan jasa tetapi yang jelas masih terbatasnya sumber daya dalam hal ini.

“Makanya dari hasil pemetaan yang dilakukan pada akhir tahun 2019 dan untuk menghadapi kegiatan tahun 2020 salah satu targetnya bagaiamana memperbanyak kemudian melibatkan pejabat terkait didalam penggadaan barang dan jasa,” unggkapnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bagaimana kinerja dan juga capaian-capaian tidak akan bisa dimaksimalkan kalau tidak didukung oleh perencanaan yang jelas termasuk dukungan penggadaan barang dan jasa.

Dicontohkannya penggadaan barang dan jasa pada dasarnya proses yang berkaitan dengan bagaiamana menidetiifikasi kebutuhan sampai serah terima hasil kinerja. 

Sekitar 42 peserta dari berbagai fakultas dan kelembahaan termasuk Program Pascasarjana sudah bisa melakukan bimtek. “Harapannya semua proses yang berjalan nanti bisa mendukung semua program yang kita lakukan, dapat berlangsung dengan baik,” harapnya.

“Minimal kedepan efisesnsi target dan juga ketepatan yang dibutuhkan sesuai dengan yang diharapkan,” ujarnya.

Kata kuncinya dikatakannya mulai dari identifikasi kebutuhan sampai hasil kebutuhan bagaimana mensinergikan itu semua terkait satu sama lain sehingga tidak ada pekerjaan-pekerjaan yang tidak melalui prosedur. 

“Mudah-mudahan bimtek dan juga ujian sertifikasi ini, tidak hanya sebatas sertifikat tapi bagaimana pemahaman bersama untuk proses yang lebih baik,” tuturnya.

Sementara itu, Buyung Kurniawan, MPd Kepala Pusdiknas mengatakan Pusdiknas dibawah naungannya sudah mendapatkan akreditasi A dari LKPP dan menjadi satu-satunya lembaga yang mendapat sertifikasi nasional di Sumatera.

“Selain itu, lembaga ini memiliki kantor pusat di Pekanbaru dan memiliki kantor cabang di Padang dan juga Jakarta,” ujarnya.

Terkait peningkatan kompetensi dan profesionalisme sumber daya manusia dibidang penggadaan barang dan jasa dikatakannya pemerintah melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 16 tahun 2018 mengamanatkan kewajiban ASN menjadi pelaku penggadaan untuk memiliki sertifikat tingkat dasar.

Disamping itu, juga Perpres Nomor 16 tahun 2018 pasal 88 pengelola penggadaan barang dan jasa wajib memiliki sertikat kompetensi dibidang pengadaan barang dan jasa paling lambat 31 Desember 2023.

Kemudian Perpres Nomor 54 tahun 2018 tentang strategi nasional mengenai pencegahan korupsi berkaitan peningkatan indenpendensi dan akuntabilitas proses penggadaan barang dan jasa.

Berdasarkan aturan diatas Pusdiknas mempunyai program pelatihan nasional diantarannya pelatihan berjenjang jabatan fungsional pengelola penggadaan barang jasa, pelatihan kompetensi tingkat lanjut dan juga pelatihan Supply Chain Management.(*)

Humas dan Protokol Unand

 

Sumber : https://www.unand.ac.id/id/berita-peristiwa/berita/item/3430-unand-pusdiknas-bimtek-gelar-sertifikasi.html

12 Januari 2020 In Berita & Peristiwa

Padang (Unand) –  Program Pascasarjana Universitas Andalas melalui Prodi S2 Bioteknologi melakukan Kuliah Dosen Tamu dengan tema Probiotik dan Kemajuan dalam Ilmu Biomedis.

Hari ini kuliah dosen tamu program studi S2 Bioteknologi dengan narasumber Prof.Ts.Dr.Cheah Yoke Kqueen ( Lecture Dept of Biomedical Science Faculty of Medicine and Health Sciences, University Putra Malysia) dilaksanakan pada Aula Program Pascasarjana Universitas Andalas Lantai 3, Gedung Pascasarjana Unand. Kuliah dosen tamu ini dihadiri oleh Direktur Program Pascasarjana Prof.Dr.rer.soz.Nursyirwan Effendi, Koordinator prodi S2 Bioteknologi Prof.Jamsari, Prof.Drh.Endang Purwati, dosen dan Mahasiswa S2 Bioteknologi, Mahasiswa FK Unand, Baiturahmah, UNP dan kampus di Sumatera Barat

Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain/inangnya. Beberapa contoh pada makanan diet yang mengandung bakteri bermanfaat seperti Bakteri asam laktat sebagai mikroba yang paling umum dipakai.

Biomedis (Biomedicine) adalah program multidisplin yang mempelajari bidang science dan teknologi untuk diterapkan dalam memecahkan masalah kesehatan global seperti penyakit menular dan kanker. ujar "Cheah Yoke Kqueen"

Prof. Cheah Yoke Kqueen berpesan bahwa kita harus melakukan riset yang banyak untuk memecahkan permasalah kesehatan yang ada saat ini, karena semakin hari ke hari penyakit menular akan semakin kuat sehingga kita harus mempunyai kekebalan tubuh yang tinggi untuk bertahan mengahadapi penyakit-penyakit tersebut.

 

Humas Pascasarjana Unand

10 Januari 2020 In Berita & Peristiwa

Program Magister Bioteknologi akan menyelenggarakan kuliah dosen tamu dengan tema "Probiotics and Recent Advances in Biomedical Sciences"  dengan Narasumber Prof.Ts.Dr.Cheah Yoke Kqueen ( Lecture Dept of Biomedical Science Faculty of Medicine and Health Sciences, University Putra Malysia) yang akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal  :  Minggu/ 12 Januari 2020
Jam :  13.30 Wib s/d selesai
Tempat :  Ruang Aula Lt.III Program Pascasarjana Unand