Bupati Tapsel Harapkan “Sektor Pertanian Jadi Unggulan” Dengan Peningkatan Kompetensi ASN Melalui Jenjang Pendidikan yang Lebih Tinggi Featured

29 Oktober 2021

 Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H. Dolly Putra Pasaribu, SPt, MM, mengatakan bahwa, dari sisi pembangunan pihaknya akan terus berbenah, terutama di bidang pertanian. Bupati berharap agar jajarannya terus mendorong dan meningkatkan sektor pertanian dengan meningkatkan kompetensi ASN melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi, baik dari segi kualitas maupun kuantitas, mengingat 70% masyarakat di Tapsel menggantungkan hidup dari tani.

“Untuk itu, diharap kedatangan rombongan dari Universitas Andalas ini, dapat memberi masukan, warna, pemahaman baru bagi para ASN lintas ilmu berkaitan pertanian secara umum,” kata Bupati di acara sosialisasi dan promosi Pascasarjana Multidisiplin Universitas Andalas di Aula Kantor Dinas Pertanian Tapsel, Jumat (22/10/2021) Tapanuli Selatan Sumatera Utara.

Bupati berharap kedatangan rombongan dari Universitas Andalas bisa menambah pembekalan yang diberikan sehingga ilmu – ilmu yang nanti disampaikan dapat bermanfaat. Dia menjelaskan, paparan yang disampaikan Pascasarjana Universitas Andalas juga, setidaknya bisa memberi tambahan ilmu serta informasi.
“Dengan harapan bapak/ibu bisa tergerak untuk membuat perubahan pada dirinya.

Seperti yang disampaikan seorang motivator, Jim Rohn yang banyak diminta pendapatnya oleh para Presiden Amerika; bekerja keraslah untuk dirimu, melebihi apa yang kamu lakukan pada pekerjaanmu. Beliau menekankan perlunya upaya “mengasah alat sebelum melakukan pekerjaan,” tutur Bupati Tapanuli Selatan.

Beliau juga menitip pesan untuk semua pihak agar tetap patuhi protokol kesehatan, meski pandemi Covid-19 saat ini sudah melandai. Tapsel saat ini kembali di level tiga, karena angka vaksinasi yang belum memenuhi kriteria, sehingga kekebalan kelompok belum sepenuhnya terbentuk di Tapsel.
“Tapsel berada di level tiga karena status masyarakat yang sudah divaksin belum mencapai target,” jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tapsel, Efrida Yanti Pakpahan, dalam kesempatan itu mengucapkan terimakasih kepada Universitas Andalas, karena sudah memilih Tapsel sebagai lokasi sosialisasi dan promosi program Pascasarjana multi disiplin. Pendidikan ini merupakan salah satu pilihan untuk meningkatkan kemampuan teknis, teoritis, konseptual serta pengembangan skill, sesuai dengan profesi, tugas dan fungsi masing-masing organisasi perangkat daerah.

“Seperti yang kita ketahui bahwa Presiden RI, mempunyai moto SDM unggul, di mana harus ada peningkatan kompetensi atau kapasitas. Para peserta bisa menjadikan Universitas Andalas sebagai pilihan untuk melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi. Dengan harapan kita semua menjadi SDM yang bisa mempercepat pembangunan di Tapsel, sesuai dengan visi misi Bupati yakni, menjadikan masyarakat yang lebih sehat, cerdas, dan sejahtera,” ungkapnya.

Kepala Prodi STK Studi Pembangunan, Prof Dr Ir Rudi Febriamansyah, MSc, menjelaskan bahwa, kegiatan itu bekerjasama dengan Universita Graha Nusantara Padangsidimpuan maupun dengan Universitas yang sudah memiliki status akreditasi B.


Adapun latar belakang kegiatan itu, untuk memberikan pengetahuan yang berkembang melalui studi interdisiplin seperti persoalan – persoalan pembangunan yang berkembang selama ini. Begitu juga pembangunan di pedesaan dan di bidang pertanian. Pembangunan di Tapsel sudah banyak mengalami kemajuan. Ujar Prof. Dr. Ir. Rudi F ,MSc.

“Begitu juga di bidang pertanian, sudah banyak mengalami peningkatan. Tinggal bagaimana kita bisa meningkatan kualitas dari pertanian agar bisa mensejahterakan masyarakat Tapsel,” tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan, Kadis Ketapang Efrida Yanti Pakpahan, Kadis Pertanian Ir. Bismarck Maratua Siregar, Sekretaris Pertanian Taupik Batubara, Sekretaris Satpol PP Gumanti Harahap, Kabag Humas dan Protokol Isnut Siregar, perwakilan dari pihak Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan dan Peserta Sosialisasi.

Read 221 times

Berita Terbaru

TERPOPULER