Pascasarjana Universitas Andalas - Items filtered by date: Februari 2020
23 Februari 2020 In Berita & Peristiwa

Padang (Unand) - Universitas Andalas meluluskan sebanyak 1.694 wisudawan mulai dari Diploma, Sarjana, Profesi, Spesialis, Magister dan Doktor. 

“Wisuda I ini beralangsung selama dua hari yakni hari Jumat (21/2) untuk Program Profesi, Spesialis, Magister dan Doktor,” ujar Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Andalas Imrizal, MM.

Sedangkan untuk program Diploma (DIII) dan Sarjana dikatakannya digelar hari ini (22/2), yang berlangsung di Gedung Auditorium Kampus Unand Limau Manis Padang.

Dalam Wisuda I ini untuk Program Profesi, Spesialis, Magister dan Doktor meluluskan sebanyak 476 wisudawan dan untuk Sarjana serta Diploma sebanyak 1.218 wisudawan.

Lebih lanjut, ia mengatakan untuk prosesi wisuda I ini pelaksanaanya masih sama dengan wisuda sebelumnya. “Sedangkan untuk wisuda selanjutnya akan ada perubahan dimana pelaksanaan wisuda Diploma, Sarjana, Profesi, Spesialis, Magister dan Doktor akan digabung dalam satu hari yakni hari Sabtu,” jelasnya.

Kemudian disampaikannya pelaksanaan wisuda tidak lagi berdasarkan kalender akademik sebagaimana sebelumnya 4 kali wisuda dalam satu tahun melainkan berdasarkan kouta wisudawan (1.000-1.200 orang) dengan prediksi 5 sampai 6 kali prosesi wisuda dalam satu tahun.

Sementara itu, Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Yuliandri, SH, MH mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan yang telah menyelesaikan pendidikan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Dengan selesainya proses pendidikan format Diploma, Sarjana, Spesialis, Profesi, Magister dan Doktor tersebut, wisudawan berhak menyandang gelar tersebut sesuai dengan ketentua peraturan yang berlaku.

Ia bertekad akan terus berupaya maksimal agar proses pendidikan di universitas ini terus menanjak naik menyamai universitas-universitas lainnya di Indonesia dan dunia.

Ia juga menyadari penyelenggaraan pendidikan tinggi merupakan simbiosis mutualisme dengan mahasiswa dan orang tua wali.

“Oleh karena itu, ia mengharapkan dukungan orang tua dan semua stakeholder sebab tanpa dukungan tersebut tentu beban mengelola universitas ini akan terasa berat,” ujarnya.

 

Humas dan Protokol Unand

17 Februari 2020 In Berita & Peristiwa

Program Matrikulasi Prodi S2 Ilmu Kebidanan merupakan Program penyetaraan bagi lulusan D IV Kebidanan sebelum mengikuti pendidikan Program Pascasarjana Prodi S2 Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas

Tanggal-Tanggal Penting

 No Kegiatan  Tanggal  Jam 
 1  Pendaftaran Online  9  s.d 29 Februari 2020   
2 Seleksi Penerimaan    
  Tes TPA 29 Februari 2020 08.00-10.00 WIB
  Tes TOEFL 29 Februari 2020 10.15-12.15 WIB
  Wawancara 29 Februari 2020 14.00-17.00 WIB
3 Pengumuman Lulus Seleksi 3 Maret 2020  
4 Pendaftaran Ulang Online 3 s.d 6 Maret 2020  
5 Mulai Perkuliahan 9 Maret 2020  

 

Persyaratan umum :

Lulusan D.IV (Diploma-IV) Kebidanan dengan IPK Minimum 3,00 atau <2,75 jika memiliki pengalaman kerja

 

Persyaratan dan kelengkapan Berkas yang diupload dan diserahkan :

  1. Foto copy ijazah dan transkip nilai D.IV (Diloma IV) yang dilegalisir
  2. Pas photo 4x6 sebanyak 3 lembar
  3. Surat keterangan sehat dari dokter
  4. Surat keterangan sebagai tenaga dosen dari instansi pelamar (jika bekerja sebagai dosen 
  5. Surat izin belajar dari atasan pelamar (jika sudah bekerja)
  6. Formulir pendaftaran
  7. Surat rekomendasi akademisdari dua orang yang relevan
  8. melampirkan bukti pembelian PIN pendaftaran (Pembayaran pendaftaran)
  9. Melampirkan Sertifikat Akreditasi Perguruan Tinggi Asal

 

08 Februari 2020 In Berita & Peristiwa

Padang ( Pascasarjana Unand)  - Pascasarjana Universitas Andalas melaksanakan Ujian dalam rangka Penerimaan Mahasiswa Baru Pascasarjana S3 Biomedik, Fakultas Kedokteran semester genap 2019/2020.

Ujian ini dilaksanakan pada hari ini (08/02/2020) yang terdiri dari Ujian TPA (Gedung Pascasarjana lantai 2) , TOEFL (UPT Bahasa Unand), Wawancara (Fak.Kedokteran). 

Peserta seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru dalam ujian ini berjumlah 8 orang.

Untuk pengumuman hasil seleksi ujian ini akan diumumkan pada hari selasa, 11 Februari 2020 di http://pasca.unand.ac.id , Proses daftar ulang tanggal 11-12 Febrauri 2020 pada di http://registrasi.unand.ac.id  dan untuk mulai perkuliahannya tanggal 14 Februari 2020.

Prof.Dr.rer.soz.Nursyirwan Effendi selaku Direktur Pascasarjana Unand mengucapkan selamat ujian dan semoga lulus kepada peserta dalam seleksi Penerimaan Mahasiswa baru S3 Biomedik Semester genap 2019/2020.

05 Februari 2020 In Berita & Peristiwa

Padang (Unand) - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia memberikan kesempatan kepada mahasiswa mengambil kredit mata kuliah (Credit Earning) di Universitas lain selama beberapa bulan.

“Hal itu sejalan dengan program Universitas Andalas untuk percepatan Internasionalisasi dan Capacity Building perguruan tinggi, bersama ini Universitas Andalas akan memberikan pembiayaan bagi mahasiswa dilingkungan Universitas Andalas untuk mengikuti Program Credit Earning di Luar Negeri Tahun 2020,” ungkap Kepala Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Layanan Internasional Universitas Andalas Vonny Indah Mutiara, Ph. D pada Selasa (4/2) di Ruang kerjanya lantai II Gedung Rektorat kampus Unand Limau Manis Padang.

Dikatakannya program ini bertujuan untuk meningkatkan rangking QS Star Universitas Andalas dalam rangka menuju World Class University dimana salah satu indikator didalamnya adalah jumlah mahasiswa yang melakukan Credit Earning di Luar Negeri (minimal 3 Bulan).

Lebih lanjut, ia mengatakan jumlah peserta untuk program Credit Earning Tahun 2020 dialokasikan 2 orang untuk setiap Fakultas. 

Disampaikannya Universitas Andalas memberikan bantuan berupa Travel Cost (At Cost) dan Living Cost selama 3 bulan disesuaikan dengan biaya di negara tujuan (ditetapkan dengan SK Rektor). 

“Negara tujuan untuk program Credit Earning diprioritaskan ke Asia Tenggara,” sambungnya. 

Untuk itu, dalam pelaksanaan seleksi baik akademik maupun non akademik akan dilakukan secara terbuka, tepat dan efektif agar mendapatkan mahasiswa yang betul-betul ingin mengikuti program Credit Earning Tahun ini (Jadwal dan persyaratan terlampir) klik disini.

Surat pengantar dari Fakultas beserta lampiran nama peserta Credit Earning dikirimkan ke  UPT, Layanan Internasional paling lambat tanggal 21 Februari 2020.

UPT Layanan Internasional